About Coffee - Kaffee

Manfaat Kopi Robusta



Budaya minum kopi memang sudah mendarah daging di kalangan orang tua, pekerja, mahasiswa bahkan adik pelajar. Tentunya dengan berbagai alasan seperti mau begadang karena menyelesaikan tugas sekolah atau kuliah, ada lembur kerja dan berbagai alasan lain membuat orang membiasakan diri untuk minum kopi.

Tidak sedikit orang yang menghindari minum kopi dengan alasan tidak baik untuk kesehatan karena kandungan kafeinnya tinggi. Dalam hal ini kopi robusta memang mempunyai kandungan kafein yang lebih tinggi dari kopi arabika.

Namun para ahli telah meneliti hal tersebut dan menyatakan bahwa ada efek positif dalam mengkonsumsi kopi robusta yang berkafein tinggi dengan catatan peminumnya tidak menderita penyakit pencernaan, tidak mengalami gangguan tidur serta batasan jumlah kopi yang diminum.

Berikut ini beberapa manfaat kopi Robusta khususnya dan juga kopi Arabika yang bisa Saya bagikan buat Anda semua.

Membuat awet muda
Menurut sebuah riset, dibuktikan bahwa kopi bisa membuat orang awet muda alias memperlambat proses penuaan tubuh manusia. Jika Anda dalam keadaan sehat tanpa  dan meminum 2 sampai dengan 3 cangkir kopi setiap harinya, maka hal ini bisa memperlambat proses penuaan tubuh sebanyak 10 persennya dibandingkan dengan orang-orang yang tidak minum kopi. Keren kan ?


Terhindar dari kanker
Para peminum kopi akan lebih terhindar dari risiko terkena berbagai penyakit kanker seperti kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, kanker lambung, kanker payudara dan kanker usus. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Karena asam antioksidan pada kopi bisa melindungi tubuh dari kanker tersebut dan penyakit-penyakit lainnya. Dalam sebuah studi yang melibatkan 67 ribu wanita diperoleh hasil bahwa wanita yang meminum 4 cangkir kopi setiap harinya, maka akan mengurangi risiko terkena kanker sebanyak 25 persen.

Terhindar dari penyakit jantung
Dalam sebuah studi yang melibatkan 41 ribu wanita bisa diambil kesimpulan bahwa mereka yang minum 3 cangkir kopi per hari, maka risiko gagal jantungnya menjadi berkurang. Tidak untuk kaum wanita saja, hasil yang sama ditunjukkan pula dari penelitian terhadap para pria.

Menyehatkan pembuluh darah
Kandungan kafein yang terkandung di dalam kopi bisa meningkatkan kesehatan pembuluh darah dengan menambah produksi nitrit oksida dalam endotelium sehingga memperkuat otot. Memang betul, kafein dalam kopi bisa menaikkan tekanan darah, namun hal tersebut terjadi dalam waktu singkat saja karena sesudah kafein diproses dalam tubuh, maka tekanan darah menjadi normal kembali.

Mengurangi kolesterol jahat
Kandungan antioksidan dalam kopi ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL  dan mengurangi risiko peradangan yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Dalam sebuah penelitian, para pecandu kopi diminta meningkatkan konsumsi kopi mereka menjadi 8 cangkir per hari. Hasilnya sungguh mengagetkan karena cara ini mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebanyak 8 persen.

Membuat lebih cerdas
Kopi dapat mengurangi rasa lelah sehingga kita menjadi lebih energik. Disinyalir kandungan stimulan bernama kafein pada kopi Robusta akan mempengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek rangsangan yang meningkatkan level energi, suasana hati, kesadaran dan fungsi otak.


Membakar lemak
Jika Anda pernah membeli supplemen pembakar lemak, pasti Anda tahu bahwa salah satu komposisinya adalah kafein. Benar, kafein dalam kopi Robusta merupakan salah satu alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan proses metabolisme sebesar 3-11% serta meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10% pada orang yang menderita obesitas dan 29% pada orang yang tidak obesitas.

Meningkatkan performa fisik
Kandungan kafein pada kopi Robusta mampu meningkatkan level adrenalin di dalam darah yang membuat tubuh kita siap untuk digunakan secara intense. Lemak tubuh yang dihancurkan sel lemak oleh kafein akan dilepaskan ke dalam darah sebagai energi. Dengan demikian, kafein dapat meningkatkan performa fisik sampai rata-rata 11-12%.

Mengurangi resiko Parkinson
Parkinson disebabkan oleh matinya saraf penghasil dopamin di otak. Penelitian menunjukan bahwa peminum kopi lebih rendah sekitar 32-60% terkena Parkinson. Penurunan resiko ini disebabkan oleh kafein terutama dalam kopi Robusta.

Tentu saja Anda bisa mendapatkan manfaat di atas jika meminum kopi tidak berlebihan, cukup 2-3 cangkir per hari. Begitu juga, bagi wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi di masa kehamilannya.

Itulah beberapa manfaat kopi Robusta yang bisa Saya sampaikan hari ini. Anda juga bisa membaca informasi lainnya terkait manfaat kopi diantaranya :
- kelebihan kopi robusta
- khasiat kopi pahit
- manfaat kopi bagi pria
- bahaya minum kopi
- manfaat kopi bagi wanita
- manfaat minum kopi di pagi hari
- manfaat kopi untuk kecantikan
- manfaat kopi untuk diet




Tag : kopi robusta, Manfaat Kopi
Back To Top