About Coffee - Kaffee

Rumah Kopi Ranin Bogor City West Java



Alamat Rumah Kopi Ranin terletak di Jl. Alternatif IPB No.Desa, Cikarawang, Kec. Dramaga, Jawa Barat, Bogor Barat, Bogor, telpon +62812600708572.

Menu Rumah Kopi Ranin ialah, buat teman ngopi, terdapat pisang goreng keju, kentang goreng serta  tape goreng. Menu utama kopinya tersedia Kopi Wamena Papua, Baraka Toraja, Bajawa Flores, Kintamani Bali, Pangalengan, Mandheling, Linthong, Gayo Aceh, Luwak Mandheling serta  Robusta Toraja.

Tersedia pula  menu minuman lainnya seperti kopi susu hangat, es kopi susu, cappucino, coffee latte, hote chocholate, iced chocholate, serta  yang lain.



Berikut ini adalah beberapa ulasan dari mereka yang sudah nyoba ngopi di Pt Rumah Kopi Indonesia.

Rumah Kopi Ranin mengingatkan saya pada desa Waerebo di NTT. Akses yang tak mudah buat menuju ke sini, masih perlu dilanjutkan dengan jalan bebatuan setapak yang menurun serta  pematang ladang buat benar-benar sampai di dalamnya.

Ketika baru sampai, pengunjung akan melalui sebuah pondok tempat menyimpan biji kopi. Dari sana mulai terlihat pemandangan kebun luas nan hijau tempat dimana Rumah Kopi Ranin berada. Aroma tanah yang terguyur rintik hujan, titik-titik air yang membasahi dedaunan serta  udara sejuk yang langsung menyelimuti, menjadi kesan pertama yang sangat berbeda.

Karena saat itu keadaan cuaca sedang hujan, jadi jalan setapak yang beralaskan tanah dengan sedikit rumput lumayan licin buat dipijak, saya cukup hati-hati melaluinya. Setelah sampai di bangunan utama mirip seumpama pendopo, baru lah saya kian tenggelam dalam suasana asri yang betul-betul jarang didapatkan dimana pun di ibukota.

Beruntung, walaupun ramai saya masih kebagian kursi, sebab telat sedikit saja pengunjung setelah saya perlu menelan kekecewaan serta  kembali keluar karena tidak kebagian tempat duduk. Sebenarnya kursi di ruang terbuka masih ada, namun masih hujan jadi siapa pula  yang mau ngopi sambil ujan-ujanan kan?!

Disini ada dua buah pendopo besar, satu sebagai ruang utama, satu lagi adalah rumah bagi para pegawai yang tersedia sebuah musholla kecil untuk pengunjung disebelahnya. Semua yang ada disini tuh terlihat tradisional serta  bersahaja.

Elemen kayu pada lantai, unsur-unsur kesederhanaan furnitur dan ornamen ruang, kolam berbatu pinggir pendopo utama dan  tentunya hamparan halaman luas penuh rerumputan serta  pepohonan, menjadi perpaduan yang pa sehingga mampu menjadikan suasana nyaman nan menenangkan, disamping pastinya gemericik hujan.

Salah satu menunya ialah V60 (Rp.25.000,-) yang menggunakan beans yang berasal dari wilayahnya sendiri yaitu Bogor. Secara mengejutkan, sentuhan rasa yang menyapa lidah saya agak berbeda dengan kopi tanah Sunda pada umumnya, yang satu ini mempunyai unsur pekat diakhir sesapan. Walau demikian, ciri khas Jawa Barat masih kentara lewat kejutan-kejutan asam buah dengan tingkat ketebalan yang kuat. What a wonderful black coffee.

Selain kopi hitam dengan seduhan manual, saya juga mencoba minuman kopi turunan berbasis espresso bernama Latte Mint (Rp.32.000,-) minuman cantik yang disajikan di dalam gelas bergagang stainless. Karena sudah dikasih tambahan susu, jadi kegarangan kopi terselimuti dengan lembut gurihnya susu plus sensasi dingin dingin seger dari mint.

Untuk Pisang Goreng (Rp.16.000,-) pisangnya lembek, empuk serta  manisnya nyaris sempurna karena ciptaan karamelisasi alaminya belum terlalu melimpah ruah. Namun dengan ditemani pisang goreng ini, ngopi di Rumah Kopi Ranin terasa begitu sempurna. Cuma memang pelayanannya agak kewalahan dengan banyaknya pesanan sore itu, jadi saya harus menunggu agak lama. Untung si mas-mas baristanya amat ramah dan  bersahabat, jadi lumayan menghilangkan rasa jenuh waktu menunggu pesanan sampai ke meja saya... (Yudistira)



Sungguh niat diriku untuk mampir ke Kopi Ranin yang terletak di Bogor ini. Mengapa? Sebab ke Kopi Ranin ini butuh kesabaran yang ekstra. Yaa sebab menuju ke lokasinya ini perlu menelusuri pegunungan serta  lembah. Mueheheheheee. Namun biar nggak tersesat, dapat ngikutin dari google maps.

Kopi Ranin ini emang seumpama berada ditengah kebun atau sawah, karena lingkungannya masih banyak pepohonan yang lebat dan  tersedia sebidang tanah semisal untuk lahan sawah. Tempatnya juga  didesign seperti padepokan di Jawa.

Disini pula  toilet dan  musholanya bersih, tapi pas gue mampir kesini, abis ujan deres, dan  masih gerimis. Sehingga area outdoornya ga  dapat ditempatin sampe gerimisnya reda.

Mint Coffee Latte, espresso yang satu ini pake tambahan syrup mint dan  susunya yang lebih banyak, jadinya rasanya ada dingin-dinginnya gitu. padahal yang Saya pesen ini Hot loh.

V60, kalau yang ini kopi hitam nggak memakai gula serta  susu. Beans nya kata mas-masnya itu arabika dari Cibulao. Serta  rasanya yaaa, acidnya lumayan strong, yang diikutin sama bitter-nya, dan  Saya pula  merasa seperti terdapat pedes-pedesnya. Untuk Saya ini sih oke lah.

Pisang Goreng, temen minum kopi yang satu ini telah jadi umum banget. Untungnya pemilihan pisangnya yang udah cukup matang. Jadinya empuk, manis serta  ga sepet.

Cuma gue heran, ngorder cuma segini dan  diliat dari pengunjung lain yang baru ngorder juga, makanan dan minumannya yang gue order jadinya agak lama. Yaa tak lama-lama banget sih, tapi buat gue buat dua minuman dan  gorengan aja, mestinya dapat lebih cepet dikit. Untung mas-masnya ramah, kayak Saya. (©prido)

Pertama bgt kesini dengan mantan. Pas putus dikira bakal malas kesini lg, krn tentu inget dia. Tp tempat dan  kopi2nya berhasil buat saya ingin kembali lagi.

Untuk kamu yg lg perlu tempat menenangkan diri haha, atau ngerjain tugas sendirian, cocok bgt aseli. Untuk yg pingin ngobrol sore sama tmn2 pun asik. Ditemenin kopi2nya yg enaaa plus barista nya yg friendly.

Pernah kesana pas hari Sabtu siang, tmpt ini jg tersedia semacam workshop bareng sama pemiliknya. Namanya maaf lupa. Serta  acaranya seru bgt, jd nambah kenalan jg. RECOMMENDED! (Winda)

Coffe shop paling tua di bogor. Bisa liat aktivitas apa aja yg dilakukan via ig, bukan coffe shop biasa pokoknya. Tempatnya mudah banget diakses. Tempatnya jg nyaman, sederhana, tapi seduhan kopinya juara. Cobain arabica cibulau nya deh. (Aditya)

 

Sumber :

https://pergikuliner.com/restaurants/bogor/rumah-kopi-ranin-dramaga

https://www.zomato.com/id/jakarta/rumah-kopi-ranin-1-bogor-barat-bogor



Back To Top