About Coffee - Kaffee

Karakter Rasa Kopi Robusta



Bagaimana karakter rasa kopi Robusta itu ? Itulah kira-kira pertanyaan yang ada di benak Saya ketika ingin mengetahui perbedaan cita rasa antara kopi Robusta dan Arabika. Jelas banyak perbedaan di antara keduanya, namun yang Saya soroti kali ini hanyalah dari segi rasanya saja, karena inilah yang paling utama.

Secara orang tidak akan peduli bagaimana para petani kopi melakukan pengolahan kopi dari pemilihan sampai akhirnya menjadi biji kopi siap giling. Paling banter orang melihat cara membuat kopi di cafe, itu juga jika caranya unik dan menarik dan pakai mesin kopi.

Kita kembali ke tema awal, hasil penelusuran Saya tentang bagaimana cita rasa kopi robusta yang Saya dapat dari berbagai sumber media online adalah sebagai berikut. Kopi Robusta memiliki karakter rasa yang cenderung pahit, kuat dan tajam karena kandungan kafiennya lumayan tinggi yakni mencapai 2,2 %. Nilai ini adalah 2 kali lipatnya dari kafein yang terkandung dalam kopi Arabika yaitu sekitar 1,2 %.

Kopi Robusta tidak memiliki banyak karakter rasa dan umumnya memiliki karakter rasa yang lebih ke kacang-kacangan sebelum disangrai dan memiliki rasa seperti gandum. Karena karakter itulah maka Kopi Robusta sangat cocok dipakai sebagai base atau bahan dasar dari espresso atau coffee blend dan juga kopi instan.


Selain itu, kandungan lipid dan gula pada kopi Robusta lebih sedikit daripada kopi Arabica. Kopi Arabika memiliki kandungan lipid lebih banyak 60% daripada kopi Robusta, dan kandungan gula kopi Arabika juga hampir dua kali lipat lebih banyak daripada kopi Robusta. Anda harus tahu bahwa kadar gula pada kopi merupakan hal penting. Mengapa ? Sebab dekomposisi gula pada saat proses penyangraian dapat meningkatkan level dari rasa kopi.

Karena tidak semua orang suka rasa pahit yang berlebihan, namun masih tetap menyukai kopi Robusta, maka ada sebagian produsen kopi yang mengolah kopi Robusta dengan karakter pahitnya cenderung berkurang dan tidak dominan. Malahan akan muncul karakter lain misalnya  terdapat karakter rasa karamel, coklat, dan jeruk. Namun bukan berarti mengalahkan rasa kopi aslinya lho.

Itulah sedikit informasi tentang bagaimana karakter rasa kopi Robusta. Mudah-mudahan Anda bisa membedakannya sekarang. Informasi lainnya yang sering dicari adalah :
- keunggulan kopi robusta
- harga kopi arabika dan robusta
- karakteristik kopi arabika
- kopi arabika dan robusta enak mana
- karakter kopi indonesia
- tingkat keasaman kopi
- manfaat kopi robusta
- jenis kopi arabika




Tag : kopi robusta, rasa kopi
Back To Top