About Coffee - Kaffee

Efek Samping Masker Kopi



Efek samping masker kopi - Kebanyakan orang harus tahu bahwa bubuk kopi dapat digunakan sebagai masker wajah. Bahkan sebagai masker, bubuk kopi juga dapat digunakan sebagai scrub alami.

Bubuk kopi memiliki tekstur butiran lunak yang dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati pada wajah, sehingga juga memiliki manfaat pengelupasan kulit untuk wajah yang baik meskipun kulit sensitif.

Masker kopi sendiri memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah, seperti:

  • Membantu melembutkan kulit dan dapat meningkatkan kecerahan kulit wajah secara alami.
  • Dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah kulit wajah.
  • Buang sel kulit mati sehingga bisa mengatasi kulit bersisik kasar dan flek hitam di wajah.
  • Atasi kelebihan minyak di wajah yang bisa menyebabkan jerawat dan terlihat kusam.

Selain banyak manfaat masker kopi untuk kulit wajah, ada efek samping masker kopi jika digunakan setiap hari. Ini karena ada orang yang berpendapat bahwa sifat kopi yang alami, maka aman jika Anda menggunakan masker kopi sesuka Anda seperti yang digunakan setiap hari.

Padahal menggunakan masker kopi seperti ini adalah kebiasaan buruk, mengapa? Sekarang di artikel ini kita akan membahas alasan mengapa masker kopi tidak baik jika digunakan setiap hari bersama dengan efek yang dapat ditimbulkan pada kulit, seperti yang berikut:

  • Bubuk kopi mengandung scrub alami, yang dapat mengelupas kulit wajah yang jika digunakan setiap hari dapat menyebabkan wajah kering karena kehilangan kelembaban alami.
  • Meskipun itu bisa menjadi cara menghaluskan wajah yang paling alami, penggunaan masker kopi justru bisa membuat kulit kasar jika digunakan setiap hari karena kehilangan nutrisi.
  • Dapat menyebabkan kulit kemerahan atau bersisik, terutama pada kulit sensitif yang bisa disebabkan oleh efek pengelupasan kulit yang didapat setiap hari.
  • Kulit wajah yang sering mengalami masalah seperti jerawat atau terkelupas juga merupakan salah satu efek samping dari masker kopi bila digunakan setiap hari, karena kulit wajah akan sangat kering dan sel-sel kulit mati menumpuk.
  • Kulit gatal, tersedak, atau iritasi lainnya karena kulit terlalu sering dikelupas dengan butiran kopi.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari masker kopi sebagai cara merawat kulit agar tetap sehat dan bersih, masker wajah harus diracik dan digunakan dengan benar. Ada sejumlah tips untuk mencampur bubuk kopi untuk membuat masker wajah, seperti yang berikut ini:

  • Gunakan bubuk kopi secukupnya, jangan oleskan terlalu banyak pada kulit wajah dan gunakan saja sekitar 20 menit tidak terlalu lama.
  • Gunakan campuran bubuk kopi yang memiliki sifat melembabkan seperti madu, susu, yogurt, minyak zaitun dan sebagainya.
  • Untuk jenis kulit normal dapat digunakan 1-2 kali seminggu dan menggunakan pelembab setelah masker.
  • Untuk kulit sensitif, pertama kali menggunakannya seminggu sekali, jika tidak menyebabkan iritasi baru, dapat digunakan hingga dua kali seminggu.

Jadi, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat kopi untuk kulit dapat diperoleh secara maksimal jika masker kopi ini digunakan sesuai anjuran.

Demikian ulasan efek samping masker kopi pada kulit wajah jika digunakan setiap hari atau tidak sesuai aturan, beserta beberapa tips untuk menggunakan masker kopi dengan cara yang benar.

Sumber :
https://klinikkecantikan.co.id/perawatan/wajah/efek-samping-masker-kopi




Tag : Masker Kopi
Back To Top