About Coffee - Kaffee

Jual Kopi Liong Bulan Di Bandung



Untuk warga Kota Bogor, nama kopi cap Kopi Liong Bulan memang telah sangat akrab dan tidak asing lagi. Bukan hanya untuk pengemar kopi di Bogor, tetapi para pecinta kopi lokal dari berbagai kota lain pun mengetahui kopi kemasan ini.

Kopi yang dikemas dengan bungkus plastik ini selalu terpajang di setiap warung-warung kelontong. Pabrik serta hasilkan kopi ini memang hanya terdapat di Bogor. Kopi Liong Bulan populer sebab telah berdiri hampir tujuh puluh tahun silam serta memiliki ciri khas yang menjadi daya pikat buat penikmat kopi.



Ciri itu ialah aroma kopi yang tajam plus kekentalannya saat diseduh ialah kenikmatan tersendiri pada waktu diminum. Kopi ini memang terkenal dengan kekentalan dan ampas kopi yang tak mudah mengendap turun.

 

Kopi Liong Bulan Bangkrut

Tapi, tahukah orang Bogor di mana alamat Liong Bulan? Banyak orang mengira produsen Kopi Liong beralamat di sebelah Pasar Anyar, Jalan Pabaton, Bogor Tengah.

Hampir Tidak satu pun orang Bogor yang Tak pernah melihat atau merasakan kopi ini. Oleh karena itu, kabar mengenai tutupnya pabrik kopi itu langsung membuat kaget beberapa warga Bogor. Namun kenyataannya sampai hari ini pabrik Liong Bulan masih berproduksi di kawasan Nanggewer, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jadi berita bangkrutnya kopi cap Lion Bulan ini tak betul.

Klarifikasi tentang berita tutupnya kopi yang legendaris ini pun resmi diumumkan oleh salah satu anak dari pemilik kopi berlambang Naga serta Bulan itu via akun Facebook resminya.

Ia menulis klarifikasi kabar itu melalui kolom komentar di akun Facebook Pojok Bogor. Menurutnya, yang tutup adalah salah satu di antara toko distributor Kopi Liong yang berlokasi di Jalan Pabaton nomor 2, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Jadi, bukan pabrik yang tutup, seperti kabar yang santer dibicarakan orang. Dia pun menegaskan bahwa kopi tertua di Bogor itu akan terus menghasilkan kopi untuk para pengemar kopi.

Kopi Liong Bulan mempunyai citra rasa yang unik. Aromanya yang khas serta rasa pekat kopinya yang tidak sama membuat para barista banyak yang menjadi penggemar Kopi Liong bertahun-tahun. Ampas kopi yang tidak gampang turun dan aroma yang unik waktu diseduh dengan air panas membuat kopi cap Liong Bulan ini memiliki banyak pecinta sejak mulai dihasilkan di Bogor, Jawa Barat, pada 1945.

Silahkan bikin percobaan antara kopi Liong Bulan dan kopi hitam lainnya, kopi Liong Bulan itu rasa serta aromanya strong, dan itu cuma terdapat di Bogor. Dari aroma serta rasanya kemungkinan Kopi Liong menggunakan jenis kopi arabika.

Kopi favorit mereka Tidak akan dihasilkan lagi! Sungguh bencana. Padahal ternyata, yang tutup ialah toko kopi Liong di Pabaton itu, bukan pabriknya yang beralamat di lokasi yang berbeda.

Memang, pemilik toko kopi Liong di Pabaton masih berkerabat dengan pemilik pabrik kopi Liong. Mereka satu keluarga besar Liong. Namun, bukan berarti satu toko tutup, pabrik juga tutup. hasilkan Liong terus berjalan.

Warga seputar Pasar Anyar serta toko kopi Liong di Pabaton memberitakan, pabrik Liong berada di kawasan Ciluar, Bogor Utara. Sesudah ditelusuri lebih jauh, alamat persis pun ditemukan: Jalan Bintang Mas, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sesampainya di Jalan Bintang Mas, deretan pabrik berdiri di sepanjang jalan. Sulit untuk menemukan pabrik Liong karena Tidak terdapat satupun keterangan atau papan nama yang menginformasikan bahwa bangunan tersebut ialah pabrik kopi.

Betul saja, aroma harum khas kopi mengular dari bangunan itu, seperti menjadi penanda kalau bangunan tersebut adalah pabrik kopi. Pabrik kopi Liong berukuran cukup besar.

Tidak terdapat satpam atau penjaga di luar area pabrik yang bisa dimintai keterangan. Gerbang utama menuju pintu pagar pabrik berjarak sekitar tiga meter. Warna abu-abu tembok pabrik sesuai dengan warna kelabu pagar. Terlihat beberapa bagian pagar telah berkarat dan berwarna kekuningan.

Menurut info salah satu kerabat pemilik pabrik kopi Liong, pabrik kopi Liong ini sudah berumur tua. Tak heran, karena tampilan pabrik memang tidak menggairahkan. Pabrik itu, kini diurus oleh generasi ketiga keturunan sang pendiri, Linardi Jap.

Wangi harum kopi yang terus-menerus tercium, menegaskan hasilkan kopi Liong memang Tidak berhenti. (Di sini) tempat hasilkan sekaligus gudang. Jumlah pegawai pabrik Liong Tak menentu. Bisa bertambah seketika kalau pemesanan meningkat dan hasilkan meningkat tinggi.

Tapi kira-kira 50 orang pegawailah. Jumlah itu dapat bertambah jika  pesanan sedang naik. Umpamanya pas lebaran.  Pabrik kopi Liong tidak mempunyai kebun kopi sendiri. Biji kopi yang mereka produksi adalah hasil membeli dari orang-orang atau penjual biji kopi. Mereka memilih biji kopi yang bermutu baik tetapi berharga murah.

Mereka cuma menggunakan biji kopi yang diambil langsung dari petani di sejumlah daerah di Bogor dan luar daerah. Menurut petugas retribusi Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor yang posnya berlokasi tepat di samping gerbang pabrik Kopi Liong Bulan di Jalan Bintang Mas, Nanggewer, pemasok bahan baku berasal dari daerah Lampung.

Selain dari Lampung,  truk-truk besar pembawa biji kopi ini datang dari berbagai daerah sekitar Bogor, seperti Jonggol, Cianjur, dan Sukabumi.

Tak terdapat angka pasti jumlah produksi Liong tiap harinya. Kopi Liong dipacking berbeda-beda, terdapat yang 25 gram, juga 80 gram. Tanpa pengawet, kopi Liong dapat bertahan selama tiga bulan sejak tanggal produksi.

Untuk menikmati kopi legendaris ini, para penggemar kopi bisa meramu sendiri di rumah. Dapat datang serta membeli langsung ke toko kelontong yang menjajakan kopi cap Liong Bulan yang banyak tersebar di Bogor. Misalnya di daerah Pasar Anyar, Bogor.

Atau yang tidak mau berburu kopi ini bisa order via toko online yang mulai banyak menjual Kopi Liong Bulan.

Satu pack kopi hitam cap Liong Bulan dengan berat bersih 25 gram hanya dijual Rp 2 ribu. Tersedia juga kopi dengan ukuran 40 gram, 80 gram dan 500 gram. Ada juga kopi dengan packing kertas cokelat dengan tulisan Kopi Tulen Cap Liong Bulan. Yang ukuran seperempat kilogram kopi dijual dengan harga Rp 12.500 sampai Rp 18 ribu.

Harga yang miring dengan rasa kopi yang nikmat, membuat kopi ini memiliki pecinta fanatik tersendiri.

 

Cara Membuat Minuman Kopi Liong

Terdapat satu tips buat mendapatkan Kopi Liong Bulan dengan cita rasa nikmat serta aroma yang kuat, setelah air panas dituangkan ke dalam gelas yang berisi bubuk kopi, terlebih dahulu didiamkan hingga beberapa menit. Sesudah itu, baru kopi diaduk, serta aroma unik Kopi Liong Bulan bakal tercium.

 BELI KOPI LIONG BULAN DISINI

Sumber :

https://kumparan.com/kumparanfood/menyambangi-pabrik-kopi-legendaris-liong-bulan

https://bogor.tribunnews.com/2017/11/22/ternyata-ini-yang-menjadikan-kopi-liong-bulan-digemari-warga-kota-bogor-barista-ini-mengungkapnya?page=all

https://metro.tempo.co/read/1035503/legenda-kopi-bogor-pabrik-liong-bulan-ambil-biji-kopi-dari/full&view=ok

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menyeruput-kesegaran-kopi-liong-bulan



Back To Top