About Coffee - Kaffee

Beda Biji Kopi Arabika dan Robusta



Kopi adalah minuman favorit umumnya orang di dunia. Kalau Anda adalah penikmat kopi, Anda mesti tau bahwa kopi itu terdiri dari dua jenis yakni Arabica serta Robusta.

Belum semua penikmat kopi di dunia ini ngerti jenis kopi apa yang sering mereka konsumsi? Dua macam kopi yang paling populer ialah kopi Robusta dan Arabica. Selanjutnya, sebenarnya apa aja sih perbedaan dari keduanya?

Beda Kopi Arabika dan Robusta

Ukuran Biji Kopi

Biji kopi Arabica lebih besar dan cenderung berbentuk lonjong, Sementara itu biji kopi Robusta berbentuk lebih bulat.

Ketinggian tempat tanam

Kopi Arabika (Coffea arabica) berkembang di wilyah dengan ketinggian 700-1.700 mdpl dengan suhu 16-20°C. Sementara itu kopi Robusta bisa tumbuh serta hidup di area dengan ketinggian 400-700 mdpl dengan temperatur 21-24°C.

Aroma

Kopi Arabica memiliki aroma wangi mirip aroma percampuran bunga dan buah, Sementara itu Kopi Robusta memiliki aroma manis yang unik.

Cita rasa

Kopi Arabica populer dengan tipe kopi yang bercita rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi Robusta. Arabica pun memiliki tekstur yang halus, sehingga lebih kental di mulut. Kopi Arabica juga lebih pahit dibanding kopi Robusta. Kopi Robusta memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar di lidah, serta rasanya lebih manis kayak cokelat.

Kadar kafein

Biji kopi Arabica mempunyai kandungan kafein yang lebih rendah ketimbang biji kopi Robusta. Kadar kafein pada kopi Arabica sebesar 1,2%, Sedangkan kadar kafein pada biji kopi Robusta sebesar 2,2%.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif memilih kopinya. Itulah sebabnya makin bermunculan kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.

Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Menurut pepatah, "De gustibus non est disputandum", selera bukanlah hal yang bisa diperdebatkan.

(Sumber : https://male.co.id/detail/4090/menilik-perbedaan-kopi-arabica-dan-robusta-story-0, https://www.macamkopidunia.web.id/perbedaan-kopi-arabica-dan-robusta/, https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/11/083356720/apa-beda-kopi-arabica-dan-robusta?page=all, https://gaya.tempo.co/read/1020772/hari-kopi-sedunia-ini-perbedaan-kopi-robusta-dan-arabika/full&view=ok, https://apaperbedaan.com/kopi-arabica-dan-kopi-robusta/, https://www.dictio.id/t/yuk-pahami-perbedaan-kopi-arabica-dan-kopi-robusta/121930, http://anakkopi09.blogspot.com/2018/08/kopi-arabica-dan-robusta.html)



Back To Top