About Coffee - Kaffee

Cara Membuat Masker Kopi dan Air Mawar



Sebelum Saya membahas bagaimana cara membuat masker kopi dan air mawar, terlebih dahulu Saya singgung dulu beberapa manfaat masker kopidan air mawar ini.

Manfaat Masker Kopi dan Air Mawar

Mencerahkan Kulit

Menurut Beautynesia, salah satu manfaat yang didapat dari pemakaian masker kopi dan air mawar adalah bisa mencerahkan kulit.

Saya yakin benar kalau kulit kusam dan rawan berjerawat adalah masalah kulit yang paling mengganggu buat Sobat. Kulit kusam membuat Sobat merasa kurang percaya diri. Apa lagi minyak yang berlebih hingga berjerawat, tentunya jadi bikin nggak percaya diri keluar rumah!

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah kulit kusam, diantaranya dengan menggunakan bahan alami. Perawatan kulit dengan bahan alami harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Masker Kopi

Dan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk perawatan kulit tersebut adalah kopi. Kandungan di dalam kopi bisa membuat wajahmu bersinar, halus dan lembut. Masker kopi dapat mengangkat sel kulit mati, merawat dan menyamarkan bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, berperan sebagai antioksidan alami, dan yang terpenting adalah mencerahkan kulit.

Selain digunakan sebagai masker, kopi juga bisa digunakan sebagai scrub alami untuk pengelupasan kulit. Menggosok wajah secara lembut dengan coffee scrub dipercaya bisa membuat kulit lebih halus, terasa lebih kencang, bahkan mengurangi flek hitam pada kulit wajah.

Rutin menggunakan masker kopi sebagai perawatan wajah, minimal seminggu sekali, maka kulit Sobat akan lebih cerah dari sebelumnya. Hasilnya akan jauh lebih optimal jika Sobat mencampurkan masker kopi dengan air mawar.

Manfaat Air Mawar

Seperti diketahui, bahwa air mawar itu memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Air mawar memiliki khasiat sebagai anti inflamasi yang dapat mengobati iritasi kulit, jerawat, dan dermatitis.

Air mawar juga sering digunakan sebagai pembersih kulit alami. Air mawar membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat.

Sifat antiseptik dan antibakteri dalam air mawar akan memberikan efek relaksasi pada kulit, mengurangi ruam dan peradangan. Kandungan vitamin A, C dan E dalam air mawar juga dipercaya mampu melawan penuaan dan membuat wajah lebih cerah.

Tak hanya digunakan sebagai pembersih wajah, air mawar juga bisa digunakan sebagai toner dan campuran masker. Air mawar juga bisa mempercantik riasan wajah dengan cara yang mudah, yaitu dengan menyemprotkannya ke wajah setelah selesai menggunakan riasan.

Cara Membuat Masker Kopi dan Air Mawar Untuk Wajah Cerah

Untuk wajah satu tingkat lebih cerah dan halus, Sobat bisa menggunakan cara mudah di bawah ini! Caranya, campur bubuk kopi dengan air mawar, aduk rata dalam sebuah wadah. Lalu oleskan campuran kopi dan air mawar tadi pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Pijat ringan dengan gerakan memutar. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Membantu Kulit Menjadi Lembut dan Kenyal

Masker kopi dan air mawar membantu membersihkan kotoran dan sel-sel mati dari kulit. Tidak hanya membuat kulit menjadi lembut dan kenyal, tetapi juga mengencangkan kulit dan mengurangi bintik hitam yang tidak diinginkan. Selain itu, kopi juga mencegah kerutan dan garis halus yang disebabkan oleh sinar matahari.

Cara Membuat Masker Kopi dan Air Mawar Untuk Wajah Lembut

Lalu bagaimana cara membuat masker kopi dan air mawar agar wajah lembut dan kenyal. Langkahnya hampir sama seperti langkah di atas. Pertama, siapkan dahulu bahannya yaitu 1 sendok makan kopi bubuk dan 2 sendok teh air mawar.

Cara membuatnya, ambil mangkuk dan campur kedua bahan tersebut di dalamnya. Lalu oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan pijat dengan gerakan memutar. Gunakan tidak lebih dari 20 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Jika rutin, maka Anda akan merasakan manfaat yang luar bisas setelah melakukan perawatan yang satu ini.

Menghilangkan Jerawat

Ternyata masker yang terbuat dari kopi dan air mawar ini, mampu mencerahkan dan menghilangkan jerawat sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, Saya menyarankan buat Sobat yang lagi coba masker ini, selalu melakukan masking secara rutin, agar hasil yang didapat pun jadi maksimal.

Satu lagi ya Sob, masker kopi ini sebaiknya menggunakan bubuk kopi organik, bukan kopi bubuk dari kopi sachetan karena kopinya sendiri bukan 100% kopi asli, apalagi kalau sudah campur gula.

Efek Samping Masker Kopi dan Air Mawar

Jika kita memakai masker kopi setiap hari, adakah efek sampingnya ? Menurut AloDokter, meski masker ini terbuat dari bahan alami, maka tidak menutup kemungkinan penggunaan masker kopi bisa memicu reaksi alergi pada sebagian orang yang berkulit sensitif.

Sebelum menggunakannya, sebaiknya lakukan tes alergi dengan mengoleskan sedikit masker ke area kulit yang tersembunyi misalnya di leher. Diamkan selama 15 menit dan amati reaksinya. Jika terjadi reaksi alergi seperti gatal, kemerahan atau bengkak pada kulit, sebaiknya segera bersihkan sisa masker dan jangan digunakan lagi. Namun, bila tidak ada reaksi alergi, masker bisa dioleskan ke wajah sesuai kebutuhan.

Selain itu, pada dasarnya scrub dengan bahan apa saja bisa dilakukan selama kulit tidak berjerawat, kering, dan tidak sensitif. Scrubbing yang dilakukan pada saat wajah rawan berjerawat, berisiko membuat jerawat semakin meradang. Selain itu, scrubbing yang dilakukan terlalu sering, bisa membuat kulit lebih kering dan mengiritasi kulit sensitif.

Cara Membuat Masker Kopi dan Air Mawar

(Gambar : majalah.ottencoffee.co.id)

Jenis Masker Kopi Lainnya

Dalam penggunaannya, masker kopi juga bisa dicampur dengan bahan alami lainnya sesuai kebutuhan. Masker kopi bisa dicampur dengan madu, minyak zaitun, yogurt atau susu untuk merawat kulit kering.

Sedangkan kombinasi masker kopi dan lemon bisa membantu mengatasi masalah kulit berminyak. Selain itu, masker kopi yang dipadukan dengan cocoa powder memiliki khasiat mengurangi bengkak dan sembab pada mata dan wajah, serta mencerahkan kulit sehingga tidak lagi tampak kusam.

Manfaat Masker Kopi dan Garam

Secara singkat, manfaat masker kopi dan garam adalah sebagai berikut :

  • Mengurangi kantung mata dan lingkar hitam
  • Mencegah penuaan dini
  • Mencerahkan kulit
  • Mencegah kanker kulit
  • Menghidrasi kulit

Untuk lebih jelasnya, bisa kunjungi artikel Saya yang berjudul manfaat masker kopi dan garam.

Manfaat Masker Kopi dan Minyak Zaitun

Secara singkat, manfaat masker kopi dan minyak zaitun adalah sebagai berikut :

  • Menenangkan wajah
  • Melawan penuaan dini
  • Mencegah kanker kulit
  • Mengurangi peradangan

Manfaat Masker Kopi dan Lidah Buaya

Secara singkat, manfaat masker kopi dan lidah buaya adalah sebagai berikut :

  • Mencerahkan wajah
  • Membuat kulit wajah cerah
  • Mengatasi jerawat yang membandel

Cara Membuat Masker Kopi dan Madu

Untuk membuat masker kopi dan madu, siapkan 1 sendok makan kopi dan 3 sendok makan madu murni. Bagaimana cara membuatnya ? Campur bubuk kopi dan madu hingga membentuk semacam krim atau pasta.

Usahakan jangan terlalu encer, karena nantinya akan sulit mengaplikasikannya ke wajah Anda. Oleskan masker kopi sedikit demi sedikit secara merata mulai dari wajah hingga leher. Agar menyerap secara maksimal, diamkan masker selama kurang lebih 30 menit atau hingga kering. Setelah itu barulah bilas masker dengan air dingin sampai bersih.

Cara Membuat Masker Kopi dan Gula

Jika Anda tertarik untuk melakukan perawatan kulit atau membuat masker koi dan gula sendiri di rumah dengan mudah dan cepat, ada ramuan dan cara yang harus Anda ikuti. Pertama Anda harus menyiapkan bahannya yakni 3 sendok makan bubuk kopi, 2 sendok makan gula pasir, dan air secukupnya.

Berikut cara membuatnya, masukkan kopi bubuk ke dalam wadah, bisa menggunakan mangkok, lalu campur dengan gula pasir. Kemudian aduk kedua bahan tersebut hingga merata. Tambahkan air hangat secukupnya. Aduk kembali hingga benar-benar tercampur hingga membentuk seperti pasta.

Lalu oleskan pada wajah hingga benar-benar rata. Biarkan selama beberapa menit, sebaiknya 30-40 menit. Setelah agak mengering, bilas dengan air hangat. Lap hingga kering dengan handuk lembut agar tidak merusak pori-pori. Lakukan ini secara rutin 3 sampai 4 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Cara Membuat Masker Kopi dan Jeruk Nipis

Untuk membuat masker kopi dan jeruk nipis, siapkan dahulu bahannya, antara lain 1 sendok makan bubuk kopi murni dan irisan jeruk nipis. Pertama iris jeruk nipis menjadi 2 bagian. Campur perasan jeruk nipis dan kopi lalu aduk hingga mengental.

Setelah itu oleskan secara merata dan tunggu selama 30 menit. Selanjutnya basuh wajah dengan air dingin. Keringkan dengan hati-hati dan jangan menggosok wajah Anda terlalu keras saat mengeringkannya.

Masker ini bisa menghilangkan jerawat dan mencerahkan wajah. Jangan lupa untuk memijat lembut wajah Anda saat mengaplikasikannya.

Demikian yang bisa Saya informasikan seputar cara membuat kopi dicampur dengan air mawar, madu, gula dan jeruk nipis beserta manfaat yang didapat dari pembuatan masker kopi dan lidah buaya, minyak zaitun dan garam.

Anda juga bisa menyimak video cara membuat masker kopi dan jeruk nipis di sini :





Back To Top