About Coffee - Kaffee

Kopi Liong Bulan Wikipedia



Gambar bulan sabit kuning tersenyum bersanding dengan gambar naga hijau. Itulah lambang Liong Bulan, kopi hitam asal Bogor, Jawa Barat. Kopi unik Bogor itu, yang disebut berdiri sejak 1945, seumuran dengan negeri ini, pernah diberitakan berhenti produksi, dan menjadikan resah netizen yang selama ini menjadi pencintanya.

Bagaimana tidak, Liong Bulan punya tempat tersendiri di kalangan pecinta kopi Kota Bogor. Ia primadona. Harganya murah, aromanya harum, serta rasanya nendang. Itulah kata para penggemar fanatiknya.



Konon, saat perang kemerdekaan tahun 1945, para pejuang meminum kopi Liong sebelum berangkat bertempur di sekitaran Bogor. Luar biasa memang legenda kopi naga yang dirintis Linardi Jap, warga Bogor keturunan Tionghoa itu.

 

Sejarah Kopi Cap Liong Bulan

Namun, tahukah orang Bogor di mana alamat Liong Bulan? Banyak orang mengira penghasil Kopi Liong beralamat di sebelah Pasar Anyar, Jalan Pabaton, Bogor Tengah.

Hampir Tak satu pun orang Bogor yang Tak pernah melihat atau merasakan kopi ini. Oleh karena itu, berita tentang tutupnya pabrik kopi itu langsung menjadikan kaget beberapa warga Bogor. Tapi kenyataannya hingga hari ini pabrik Liong Bulan masih berproduksi di kawasan Nanggewer, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jadi kabar bangkrutnya kopi cap Lion Bulan ini tidak betul.

Klarifikasi mengenai berita tutupnya kopi yang legendaris ini pun resmi diberitakan oleh salah satu anak dari pemilik kopi berlambang Naga serta Bulan itu melalui akun Facebook resminya.

Ia menulis klarifikasi kabar itu via kolom komentar di akun Facebook Pojok Bogor. Menurutnya, yang tutup ialah salah satu di antara toko penyalur Kopi Liong yang berada di Jalan Pabaton nomor 2, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Jadi, bukan pabrik yang tutup, seperti kabar yang santer dibicarakan orang. Dia pun menjelaskan bahwa kopi tertua di Bogor itu akan terus memproduksi kopi untuk para pengemar kopi.

Kopi Liong Bulan mempunyai citra rasa yang berbeda. Aromanya yang unik serta rasa pekat kopinya yang berbeda menjadikan para barista banyak yang menjadi penggemar Kopi Liong bertahun-tahun. Ampas kopi yang tidak mudah turun serta aroma yang unik saat diseduh dengan air panas membuat kopi cap Liong Bulan ini memiliki banyak pecinta sejak mulai diproduksi di Bogor, Jawa Barat, pada 1945.

Silahkan bikin percobaan antara kopi Liong Bulan serta kopi hitam lainnya, kopi Liong Bulan itu rasa dan aromanya strong, serta itu hanya terdapat di Bogor. Dari aroma dan rasanya kemungkinan Kopi Liong menggunakan jenis kopi arabika.

Kopi favorit mereka Tidak akan diproduksi lagi! Sungguh bencana. Padahal ternyata, yang tutup ialah toko kopi Liong di Pabaton itu, bukan pabriknya yang beralamat di lokasi yang berbeda.

Memang, si empunya toko kopi Liong di Pabaton masih berkerabat dengan pemilik pabrik kopi Liong. Mereka satu keluarga besar Liong. Namun, bukan berarti satu toko tutup, pabrik pun tutup. produksi Liong terus berjalan.

Warga sekitar Pasar Anyar serta toko kopi Liong di Pabaton memberitakan, pabrik Liong berada di kawasan Ciluar, Bogor Utara. Setelah ditelusuri lebih jauh, alamat tepatnya pun ditemukan: Jalan Bintang Mas, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sesampainya di Jalan Bintang Mas, deretan pabrik berdiri di sepanjang jalan. Sulit buat menemukan pabrik Liong karena Tidak terdapat satupun keterangan atau papan nama yang menginformasikan bahwa bangunan itu adalah pabrik kopi.

Betul saja, aroma harum unik kopi mengular dari bangunan itu, seperti menjadi penanda kalau bangunan tersebut adalah pabrik kopi. Pabrik kopi Liong berukuran cukup besar.

Tak terdapat satpam atau penjaga di luar area pabrik yang dapat dimintai keterangan. Gerbang utama menuju pintu pagar pabrik berjarak kira-kira tiga meter. Warna abu-abu tembok pabrik sesuai dengan warna kelabu pagar. Terlihat beberapa bagian pagar telah berkarat serta berwarna kekuningan.

Menurut info salah satu kerabat empunya pabrik kopi Liong, pabrik kopi Liong ini telah berumur tua. Tidak heran, sebab tampilan pabrik memang tak menggairahkan. Pabrik itu, sekarang dikelola oleh generasi ketiga keturunan sang pendiri, Linardi Jap.

Wangi harum kopi yang terus-menerus tercium, menegaskan produksi kopi Liong memang Tidak berhenti. (Di sini) tempat hasilkan juga gudang. Jumlah karyawan pabrik Liong Tak menentu. Dapat bertambah sewaktu-waktu jika order melonjak dan hasilkan melonjak tinggi.

Tapi sekitar 50 orang pegawailah. Jumlah itu bisa bertambah kalau  pesanan sedang meningkat. Umpamanya ketika mau lebaran.  Pabrik kopi Liong tidak mempunyai kebun kopi sendiri. Biji kopi yang mereka hasilkan ialah hasil membeli dari orang-orang atau penjual biji kopi. Mereka memilih biji kopi yang bermutu bagus namun berharga miring.

Mereka cuma memakai biji kopi yang didapat langsung dari petani di sejumlah daerah di Bogor serta luar daerah. Menurut petugas retribusi Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor yang posnya berada tepat di samping gerbang pabrik Kopi Liong Bulan di Jalan Bintang Mas, Nanggewer, pemasok bahan baku berasal dari daerah Lampung.

Selain dari Lampung,  truk-truk besar pembawa biji kopi ini berasal dari beberapa daerah seputaran Bogor, seperti Jonggol, Cianjur, serta Sukabumi.

Tak ada angka pasti jumlah produksi Liong per harinya. Kopi Liong dipacking berbeda-beda, terdapat yang 25 gram, juga 80 gram. Tanpa pengawet, kopi Liong dapat bertahan selama tiga bulan sejak tanggal produksi.

Untuk menikmati kopi legendaris ini, para pencinta kopi bisa membuat sendiri di rumah. Dapat datang serta membeli langsung ke toko kelontong yang menjajakan kopi cap Liong Bulan yang banyak tersebar di Bogor. Misalnya di daerah Pasar Anyar, Bogor.

Atau yang enggan berburu kopi ini dapat order lewat toko daring yang mulai banyak menjual Kopi Liong Bulan.

Harga Kopi Liong telah pasti miring. Seperempat kopi bubuk dijual seharga Rp 12.500, sedangkan kopi kemasan hanya Rp 1.000 per sachet. Tak heran ia begitu digemari. Pada kemasan sachet Liong tercantum kode P-IRT yang berarti, kopi itu adalah Pangan Industri Rumah Tangga yang masuk klasifikasi usaha kecil menengah.

Pabrik Liong Bulan ini berlokasi di Jalan Bintang mas, Nomor 5/8, Kelurahan Nanggewer, Cibinong, Kabupaten Bogor.

 

Cara Membuat Minuman Kopi Liong

Untuk menyiapkan satu cangkir kopi cap Liong Bulan, tidak perlu ribet. Sebab, dalam satu kemasan sudah ada kopi serta gula. Sehingga Sobat tinggal menyeduh dengan air panas. Tapi untuk mendapatkan kenikmatan hasil seduh kopi ini, metode yang dipakai tidak sembarangan. Buat menjadikan aroma kopi menyeruak, kopi harus dibikin dengan cara serta takaran yang pas.

Air buat menyeduh kopi adalah air yang langsung mendidih sesudah dimasak di atas kompor. Bukan berasal dari termos atau pemanas air. Untuk takaran airnya jangan penuh. Setengah saja. Kemudian biarkan sekitar satu menit. Tujuannya agar kopi betul-betul larut di dalam air.

Kemudian aduk serta nantinya akan nampak bulir-bulir putih di bagian atas. Ketika mengaduk, aroma unik kopi cap Liong akan langsung tercium.

 BELI KOPI LIONG BULAN DISINI

Sumber :

https://kumparan.com/kumparanfood/menyambangi-pabrik-kopi-legendaris-liong-bulan

https://bogor.tribunnews.com/2017/11/22/ternyata-ini-yang-menjadikan-kopi-liong-bulan-digemari-warga-kota-bogor-barista-ini-mengungkapnya?page=all

https://metro.tempo.co/read/1035503/legenda-kopi-bogor-pabrik-liong-bulan-ambil-biji-kopi-dari/full&view=ok

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menyeruput-kesegaran-kopi-liong-bulan



Back To Top