About Coffee - Kaffee

Perbandingan Kafein Arabika dan Robusta



Menikmati kopi telah menjadi gaya hidup tersendiri. Kini penikmatnya semakin bertambah. Baik itu buat ritual pagi atau untuk sekadar menemani nongkrong dan saling berbagi cerita di kafe-kafe. Walau begitu, lumayan berbagai yang belum dapat membedakan mana kopi arabica serta mana kopi robusta.

Perbedaan kopi arabica serta robusta tak cuma pada citarasanya saja, tetapi lebih luas. Disebabkan rasa kopi biasanya ditentukan banyak faktor, mulai dari macam atau varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kira-kiranya, serta pengolahan bijinya.

Jenis kopi lumayan banyak, tetapi kopi arabica dan Robusta adalah tipe terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop atau kedai kopi. Lalu apa perbedaan kopi dari keduanya?

Beda Kopi Arabika Sama Robusta

Jumlah Arabica lebih banyak

Kopi Arabica menyumbang 75-80 persen dari produksi kopi dunia, Sementara itu Robusta 20 persen. Brazil diketahui menjadi negara terbesar pengekspor kopi Arabica, sementara robusta berasal dari Vietnam. Arabica serta Robusta menjadi kopi yang paling dikenal di dunia.

Indonesia pun, menjadi urutan ke dua pengekspor kopi setelah Brazill. Di Indonesia juga terkenal memiliki sejumlah kopi khusus kayak kopi luwak.

Beda harga kopi robusta serta Arabica

Menariknya, kopi Arabica memiliki nilai jual yang cukup tinggi ketimbang dengan kopi robusta. Faktor ini dikarenakan penanaman kopi Arabica yang agak lebih lama untuk matang. Umumnya memerlukan tempo kurang lebih satu tahun.

Kopi Arabica juga membutuhkan tempo perawatan yang lebih, disamping itu kopi Arabica bisa lekas berkarat, penyakit karat daun ini bisa merusak tanaman serta cita rasa terhadap kopi itu.

Sementara itu kopi robusta pun merupakan kopi yang gampang berkembang, berkembang dengan lekas dan lebih tahan pada penyakit karat daun. Metode menanam inilah yang kemudian menjadi beda rasa kopi antara kopi Arabica dan Robusta.

Soal rasa, lebih enak Arabica atau robusta?

Kedua macam kopi ini mempunyai ciri unik tersendiri. Bagi penggemar kopi robusta, sudah tentu dapat mengetahui kopi tersebut dengan rasa pahit berlebih ketimbang kopi Arabica. Faktor ini diakibatkan kandungan kafein pada kopi robusta lebih tinggi.

Kafein sendiri adalah stimulan yang ampuh buat menahan rasa kantuk, kelearea, malahan sebagai penghilang rasa sakit. Kafein terbanyak terdapat di berbagai tumbuhan salah satunya tumbuhan kopi.

Meski tak komprehensif, inilah sebagian perbedaan mendasar antara kedua spesies kopi itu.

(Referensi : https://male.co.id/detail/4090/menilik-perbedaan-kopi-arabica-dan-robusta-story-0, https://www.macamkopidunia.web.id/perbedaan-kopi-arabica-dan-robusta/, https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/11/083356720/apa-beda-kopi-arabica-dan-robusta?page=all, https://gaya.tempo.co/read/1020772/hari-kopi-sedunia-ini-perbedaan-kopi-robusta-dan-arabika/full&view=ok, https://apaperbedaan.com/kopi-arabica-dan-kopi-robusta/, https://www.dictio.id/t/yuk-pahami-perbedaan-kopi-arabica-dan-kopi-robusta/121930, http://anakkopi09.blogspot.com/2018/08/kopi-arabica-dan-robusta.html)



Back To Top