About Coffee - Kaffee

Daftar Harga Rumah Kopi Ranin



Alamat Rumah Kopi Ranin berada di Jl. Alternatif IPB No.Desa, Cikarawang, Kec. Dramaga, Jawa Barat, Bogor Barat, Bogor, telpon +62812600708572.

Menu Rumah Kopi Ranin ialah, buat teman ngopi, terdapat pisang goreng keju, kentang goreng dan  tape goreng. Menu utama kopinya ada Kopi Wamena Papua, Baraka Toraja, Bajawa Flores, Kintamani Bali, Pangalengan, Mandheling, Linthong, Gayo Aceh, Luwak Mandheling serta  Robusta Toraja.

Terdapat juga  menu minuman lainnya seperti kopi susu hangat, es kopi susu, cappucino, coffee latte, hote chocholate, iced chocholate, serta  lainnya.



Berikut ini adalah sebagian ulasan dari mereka yang telah nyoba ngopi di Pt Rumah Kopi Indonesia.

Rumah Kopi Ranin mengingatkan saya pada desa Waerebo di NTT. Jalan yang nggak gampang buat menuju ke sini, masih perlu dilanjutkan dengan jalan bebatuan setapak yang menurun dan  pematang ladang untuk benar-benar sampai di dalamnya.

Ketika baru sampai, pengunjung akan melalui sebuah pondok tempat menyimpan biji kopi. Dari sana mulai terlihat pemandangan kebun luas yang hijau tempat dimana Rumah Kopi Ranin berada. Aroma tanah yang terguyur rintik hujan, titik-titik air yang membasahi dedaunan dan  udara sejuk yang langsung menyelimuti, menjadi kesan pertama yang begitu berbeda.

Karena saat itu keadaan cuaca lagi hujan, jadi jalan setapak yang beralaskan tanah dengan sedikit rumput agak licin untuk dipijak, saya cukup hati-hati melaluinya. Setelah sampai di bangunan utama mirip seperti pendopo, baru lah saya kian tenggelam dalam suasana asri yang benar-benar jarang didapatkan dimana pun di ibukota.

Beruntung, meskipun ramai saya masih kebagian kursi, sebab telat sedikit saja pengunjung sesudah saya mesti menelan kekecewaan dan  kembali keluar sebab nggak kebagian tempat duduk. Sebenarnya kursi di ruang terbuka masih ada, berhubung masih hujan jadi siapa pula  yang pingin ngopi sambil ujan-ujanan kan?!

Disini ada dua buah pendopo besar, satu sebagai ruang utama, satu lagi ialah rumah untuk para pegawai yang terdapat sebuah musholla kecil untuk pengunjung disebelahnya. Semua yang terdapat disini tuh terlihat tradisional serta  bersahaja.

Elemen kayu pada lantai, unsur-unsur kesederhanaan furnitur dan ornamen ruang, kolam berbatu pinggir pendopo utama dan  pastinya hamparan halaman luas penuh rerumputan juga  pepohonan, menjadi kombinasi yang pa sehingga mampu menjadikan suasana nyaman yang menenangkan, disamping tentunya gemericik hujan.

Salah satu menunya adalah V60 (Rp.25.000,-) yang menggunakan beans yang berasal dari wilayahnya sendiri yaitu Bogor. Secara mengejutkan, sentuhan rasa yang menyapa lidah saya agak berbeda dengan kopi tanah Sunda secara umum, yang satu ini mempunyai unsur pekat diakhir sesapan. Meski demikian, karakter Jawa Barat masih kentara lewat kejutan-kejutan asam buah dengan tingkat ketebalan yang kuat. What a wonderful black coffee.

Selain kopi hitam dengan seduhan manual, saya pun mencoba minuman kopi turunan berbasis espresso bernama Latte Mint (Rp.32.000,-) minuman cantik yang disajikan di dalam gelas bergagang stainless. Sebab telah dikasih tambahan susu, jadi kegarangan kopi terselimuti dengan lembut gurihnya susu ditambah sensasi dingin dingin seger dari mint.

Untuk Pisang Goreng (Rp.16.000,-) pisangnya lembek, empuk dan  manisnya nyaris sempurna sebab ciptaan karamelisasi alaminya belum terlalu melimpah ruah. Namun dengan ditemani pisang goreng ini, ngopi di Rumah Kopi Ranin terasa begitu sempurna. Hanya memang pelayanannya agak kewalahan dengan banyaknya order sore itu, jadi saya mesti menunggu lumayan lama. Untung si mas-mas baristanya sangat ramah dan  bersahabat, jadi lumayan menghilangkan rasa jenuh saat menunggu pesanan sampai ke meja saya... (Yudistira)



Sungguh niat diriku untuk mampir ke Kopi Ranin yang terletak di Bogor ini. Kenapa? Sebab ke Kopi Ranin ini perlu kesabaran yang ekstra. Yaa sebab menuju ke lokasinya ini harus menelusuri pegunungan dan  lembah. Mueheheheheee. Namun biar ga tersesat, dapat ngikutin dari google maps.

Kopi Ranin ini emang seumpama berlokasi ditengah kebun atau sawah, karena lingkungannya masih banyak pepohonan yang lebat serta  terdapat sebidang tanah seperti untuk lahan sawah. Tempatnya juga  didesign seumpama padepokan di Jawa.

Disini juga  toilet serta  musholanya bersih, tapi pas Saya mampir kesini, abis ujan deres, serta  masih gerimis. Jadi area outdoornya tak  dapat ditempatin hingga gerimisnya reda.

Mint Coffee Latte, espresso yang satu ini memakai tambahan syrup mint dan  susunya yang lebih banyak, sehingga rasanya ada dingin-dinginnya gitu. padahal yang Saya pesen ini Hot loh.

V60, kalau yang ini kopi hitam tak memakai gula dan  susu. Beans nya kata mas-masnya itu arabika dari Cibulao. Serta  rasanya yaaa, acidnya agak strong, yang diikutin sama bitter-nya, dan  Saya pula  ngerasa kayak terdapat pedes-pedesnya. Untuk Saya ini sih oke lah.

Pisang Goreng, temen minum kopi yang satu ini udah jadi umum banget. Untungnya pemilihan pisangnya yang sudah cukup matang. Jadinya empuk, manis serta  ga sepet.

Hanya gue heran, mesen cuma segini serta  diliat dari pengunjung lain yang baru ngorder juga, makanan sama minumannya yang gue order jadinya lumayan lama. Yaa tak lama-lama banget sih, tapi buat Saya buat dua minuman serta  gorengan aja, mestinya dapat lebih cepet dikit. Untung mas-masnya ramah, seperti gue. (©prido)

Pertama bgt kesini dengan mantan. Pas putus dikira bakal malas kesini lg, sebab tentu inget dia. Tp tempat serta  kopi2nya berhasil untuk saya mau kembali lagi.

Untuk kalian yg lg perlu tempat menenangkan diri haha, atau ngerjain tugas sendirian, cocok bgt aseli. Buat yg mau ngobrol sore bareng tmn2 jg asik. Ditemenin kopi2nya yg enaaa plus barista nya yg friendly.

Pernah kesana pas hari Sabtu siang, tmpt ini jg ada semacam workshop bareng sama pemiliknya. Namanya maaf lupa. Dan  acaranya seru bgt, jd nambah kenalan jg. RECOMMENDED! (Winda)

Coffe shop tertua di bogor. Bisa liat aktivitas apa aja yg dilakukan lewat instagram, bukan coffe shop biasa pokoknya. Lokasinya gampang banget diakses. Tempatnya jg nyaman, sederhana, namun seduhan kopinya juara. Cobain arabica cibulau nya deh. (Aditya)

 

Sumber :

https://pergikuliner.com/restaurants/bogor/rumah-kopi-ranin-dramaga

https://www.zomato.com/id/jakarta/rumah-kopi-ranin-1-bogor-barat-bogor



Back To Top