About Coffee - Kaffee

Rumah Kopi Ranin Bogor West Java



Alamat Rumah Kopi Ranin berada di Jl. Alternatif IPB No.Desa, Cikarawang, Kec. Dramaga, Jawa Barat, Bogor Barat, Bogor, telpon +62812600708572.

Menu Rumah Kopi Ranin ialah, buat teman ngopi, tersedia pisang goreng keju, kentang goreng serta  tape goreng. Menu utama kopinya terdapat Kopi Wamena Papua, Baraka Toraja, Bajawa Flores, Kintamani Bali, Pangalengan, Mandheling, Linthong, Gayo Aceh, Luwak Mandheling dan  Robusta Toraja.

Terdapat pula  menu minuman yang lain misalnya kopi susu hangat, es kopi susu, cappucino, coffee latte, hote chocholate, iced chocholate, serta  lainnya.



Berikut ini ialah beberapa ulasan dari mereka yang telah pernah ngopi di Pt Rumah Kopi Indonesia.

Rumah Kopi Ranin mengingatkan saya pada desa Waerebo di NTT. Akses yang tidak gampang untuk menuju ke sini, masih mesti dilanjutkan dengan jalan bebatuan setapak yang menurun serta  pematang ladang buat benar-benar sampai di dalamnya.

Saat baru sampai, pengunjung akan melalui sebuah pondok tempat menyimpan biji kopi. Dari sana mulai tampak pemandangan kebun luas nan hijau tempat dimana Rumah Kopi Ranin berada. Aroma tanah yang terguyur rintik hujan, titik-titik air yang membasahi dedaunan dan  udara sejuk yang langsung menyelimuti, menjadi kesan pertama yang sangat berbeda.

Karena waktu itu keadaan cuaca lagi hujan, jadi jalan setapak yang beralaskan tanah dengan sedikit rumput lumayan licin untuk dipijak, saya cukup hati-hati melewatinya. Setelah sampai di bangunan utama mirip seumpama pendopo, baru lah saya kian tenggelam dalam suasana asri yang betul-betul jarang ditemui dimana pun di ibukota.

Beruntung, walaupun ramai saya masih kebagian tempat duduk, karena telat sedikit saja pengunjung sesudah saya perlu menelan kekecewaan dan  kembali keluar karena tak kebagian tempat duduk. Sebenarnya tempat duduk di ruang terbuka masih ada, namun masih hujan jadi siapa juga  yang pingin ngopi sambil ujan-ujanan kan?!

Disini ada dua buah pendopo besar, satu sebagai ruang utama, satu lagi adalah rumah bagi para pegawai yang terdapat sebuah musholla kecil buat pengunjung disebelahnya. Segala yang terdapat disini tuh tampak tradisional dan  bersahaja.

Elemen kayu pada lantai, unsur-unsur kesederhanaan furnitur dan ornamen ruang, kolam berbatu pinggir pendopo utama dan  tentunya hamparan halaman luas penuh rerumputan serta  pepohonan, menjadi perpaduan yang tepat sehingga mampu menjadikan suasana nyaman yang menenangkan, selain tentunya gemericik hujan.

Salah satu menunya ialah V60 (Rp.25.000,-) yang menggunakan beans yang berasal dari wilayahnya sendiri yaitu Bogor. Secara mengejutkan, sentuhan rasa yang menyapa lidah saya agak berbeda dengan kopi tanah Sunda pada umumnya, yang satu ini mempunyai unsur pekat diakhir sesapan. Meski demikian, ciri khas Jawa Barat masih kentara lewat kejutan-kejutan asam buah dengan tingkat ketebalan yang kuat. What a wonderful black coffee.

Disamping kopi hitam dengan seduhan manual, saya pun mencoba minuman kopi turunan berbasis espresso bernama Latte Mint (Rp.32.000,-) minuman cantik yang disajikan di dalam gelas bergagang stainless. Sebab sudah dikasih tambahan susu, jadi kegarangan kopi terselimuti dengan lembut gurihnya susu plus sensasi dingin dingin seger dari mint.

Untuk Pisang Goreng (Rp.16.000,-) pisangnya lembek, empuk dan  manisnya nyaris sempurna sebab ciptaan karamelisasi alaminya belum terlalu melimpah ruah. Namun dengan ditemani pisang goreng ini, ngopi di Rumah Kopi Ranin terasa sangat sempurna. Hanya memang pelayanannya agak kewalahan dengan banyaknya order sore itu, jadi saya harus menunggu lumayan lama. Untung si mas-mas baristanya amat ramah serta  bersahabat, jadi lumayan menghilangkan rasa bosan waktu menunggu order sampai ke meja saya... (Yudistira)



Sungguh niat diriku buat mampir ke Kopi Ranin yang terdapat di Bogor ini. Kenapa? Karena ke Kopi Ranin ini butuh kesabaran yang ekstra. Yaa karena menuju ke lokasinya ini perlu menelusuri pegunungan dan  lembah. Mueheheheheee. Tapi biar tak tersesat, bisa ngikutin dari google maps.

Kopi Ranin ini emang seperti berada ditengah kebun atau sawah, sebab lingkungannya masih banyak pepohonan yang lebat dan  terdapat sebidang tanah semisal untuk lahan sawah. Tempatnya pula  didesign seumpama padepokan di Jawa.

Disini juga  toilet serta  musholanya bersih, tapi pas Saya mampir kesini, abis ujan deres, dan  masih gerimis. Jadi area outdoornya ga  bisa ditempatin sampe gerimisnya reda.

Mint Coffee Latte, espresso yang satu ini pake tambahan syrup mint dan  susunya yang lebih banyak, sehingga rasanya terdapat dingin-dinginnya gitu. padahal yang Saya pesen ini Hot loh.

V60, kalau yang ini kopi hitam ga memakai gula serta  susu. Beans nya kata mas-masnya itu arabika dari Cibulao. Dan  rasanya yaaa, acidnya lumayan strong, yang diikutin sama bitter-nya, serta  gue pula  ngerasa kayak terdapat pedes-pedesnya. Buat gue ini sih oke lah.

Pisang Goreng, temen minum kopi yang satu ini udah jadi umum banget. Untungnya pemilihan pisangnya yang telah cukup matang. Jadinya empuk, manis dan  tak sepet.

Hanya gue heran, ngorder cuma segini serta  dilihat dari pengunjung lain yang baru mesen juga, makanan serta minumannya yang gue order jadinya lumayan lama. Yaa ga lama-lama banget sih, tapi untuk Saya untuk dua minuman serta  gorengan aja, harusnya bisa lebih cepet dikit. Untung mas-masnya ramah, seperti gue. (©prido)

Pertama bgt kesini dengan mantan. Pas putus dikira bakal malas kesini lg, krn pasti inget dia. Namun tempat dan  kopi2nya berhasil untuk saya mau kembali lagi.

Buat kalian yg lg butuh tempat menenangkan diri haha, atau ngerjain tugas sendirian, cocok bgt aseli. Buat yg pingin ngobrol sore bareng tmn2 jg asik. Ditemenin kopi2nya yg enaaa plus barista nya yg ramah sekali.

Pernah kesana pas hari Sabtu siang, tmpt ini jg tersedia semacam workshop bareng sama pemiliknya. Namanya maaf lupa. Dan  acaranya seru bgt, jd nambah kenalan jg. RECOMMENDED! (Winda)

Coffe shop paling tua di bogor. Dapat liat kegiatan apa aja yg dilakukan lewat instagram, bukan coffe shop biasa pokoknya. Lokasinya mudah banget diakses. Tempatnya jg nyaman, sederhana, namun seduhan kopinya juara. Cobain arabica cibulau nya deh. (Aditya)

 

Sumber :

https://pergikuliner.com/restaurants/bogor/rumah-kopi-ranin-dramaga

https://www.zomato.com/id/jakarta/rumah-kopi-ranin-1-bogor-barat-bogor



Back To Top