About Coffee - Kaffee

Cara Menyeduh Kopi Liong Bulan



Minum kopi buat masyarakat Indonesia telah menjadi tradisi yang turun-temurun. Kebiasaan itu sejalan dengan negara Indonesia yang mampu menghasilkan beberapa jenis kopi, mulai dari kopi Toraja, kopi Aceh, kopi Bali, sampai kopi Flores.

Indonesia pun merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, yang tiap tahunnya bisa menghasilkan sampai ratusan ribu ton kopi. Hasil produksi kopi Indonesia bahkan sudah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Kopi Liong Bulan ialah salah satu kopi paling baik yang dimiliki Indonesia. Memulai produksinya sejak 1945, Kopi Liong Bulan menjadi industri kopi rumahan yang berkembang di Bogor. Meski cuma dihasilkan secara rumahan, Kopi Liong Bulan memiliki pecinta setianya sendiri.

Belakangan para turis yang datang ke kota Hujan pun sering menjadikan Kopi Liong Bulan sebagai oleh-oleh Selain Roti Unyil serta asinan. Tidak mengherankan bila ketenaran kopi ini mampu merambah sampai ke luar Bogor.

Tidak sama dengan kopi hitam pada umumnya, Kopi Liong Bulan mempunyai ciri unik tersendiri. Ciri unik itu mencakup rasanya yang lebih pahit, lebih kental, serta mempunyai aroma yang harum dan tahan lama.

Di tengah gencarnya hasilkan kopi instan bermerk yang berskala nasional, hasilkan Kopi Liong Bulan terus berjalan meski tertatih. Hal ini dibutuhkan perhatian lebih dari penggemar kopi nusantara, supaya kopi lokal ini tetap bertahan serta menjadi salah satu ciri khas Bogor.



Dengan demikian masyarakat tidak cuma mengenal Roti Unyil, asinan, serta makaroni saja, namun pula Kopi Liong Bulan yang sudah lebih dulu ada serta menjadi ciri unik Bogor.

 

Pabrik Kopi Liong Bulan Di Bogor

Namun, tahukah masyarakat Bogor di mana alamat Liong Bulan? Banyak orang mengira produsen Kopi Liong beralamat di sebelah Pasar Anyar, Jalan Pabaton, Bogor Tengah.

Itu sebabnya pada waktu toko Kopi Liong di Pabaton itu memasang pengumuman mengagetkan, “MULAI HARI INI KOPI LIONG BULAN TUTUP. UDAHAN,” warga langsung kaget serta resah. Penggemar kopi asal Kota Bogor pernah gundah dengan adanya isu pabrik Kopi Liong Bulan yang tutup beroperasi.

Kopi Liong Bulan mempunyai citra rasa yang berbeda. Aromanya yang unik serta rasa pekat kopinya yang berbeda membuat para barista banyak yang menjadi penikmat Kopi Liong bertahun-tahun. Ampas kopi yang tidak mudah turun dan aroma yang khas saat diseduh dengan air panas menjadikan kopi cap Liong Bulan ini memiliki banyak pecinta sejak mulai dihasilkan di Bogor, Jawa Barat, pada 1945.

Silahkan buat percobaan antara kopi Liong Bulan dan kopi hitam lainnya, kopi Liong Bulan itu rasa dan aromanya kuat, dan itu cuma ada di Bogor. Dari aroma dan rasanya kemungkinan Kopi Liong menggunakan jenis kopi arabika.

Kopi favorit mereka Tak bakal dihasilkan lagi! Sungguh bencana. Padahal ternyata, yang tutup ialah toko kopi Liong di Pabaton itu, bukan pabriknya yang beralamat di lokasi yang tidak sama.

Memang, si empunya toko kopi Liong di Pabaton masih berkerabat dengan pemilik pabrik kopi Liong. Mereka satu keluarga besar Liong. Tapi, bukan berarti satu toko tutup, pabrik juga tutup. produksi Liong terus berjalan.

Warga seputar Pasar Anyar dan toko kopi Liong di Pabaton memberitakan, pabrik Liong berada di kawasan Ciluar, Bogor Utara. Sesudah ditelusuri lebih jauh, alamat persis pun ditemukan: Jalan Bintang Mas, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sesampainya di Jalan Bintang Mas, deretan pabrik berdiri di sepanjang jalan. Sulit buat menemukan pabrik Liong sebab Tidak terdapat satupun keterangan atau papan nama yang menginformasikan bahwa bangunan tersebut adalah pabrik kopi.

Benar saja, aroma harum khas kopi mengular dari bangunan itu, seperti menjadi penanda bahwa bangunan tersebut ialah pabrik kopi. Pabrik kopi Liong berukuran lumayan besar.

Tak ada satpam atau penjaga di luar area pabrik yang dapat dimintai keterangan. Gerbang utama menuju pintu pagar pabrik berjarak sekitar tiga meter. Warna abu-abu tembok pabrik selaras dengan warna kelabu pagar. Terlihat beberapa bagian pagar sudah berkarat dan berwarna kekuningan.

Menurut info salah satu kerabat pemilik pabrik kopi Liong, pabrik kopi Liong ini telah berumur tua. Tidak heran, sebab tampilan pabrik memang tidak menggairahkan. Pabrik itu, sekarang dikelola oleh generasi ketiga keturunan sang pendiri, Linardi Jap.

Aroma harum kopi yang terus-menerus tercium, menegaskan hasilkan kopi Liong memang Tidak berhenti. (Di sini) tempat hasilkan juga gudang. Jumlah karyawan pabrik Liong Tidak menentu. Bisa bertambah sewaktu-waktu jika order melonjak dan produksi meningkat tinggi.

Tapi kira-kira 50 orang karyawanlah. Jumlah itu bisa bertambah jika  pesanan sedang naik. Umpamanya ketika mau lebaran.  Pabrik kopi Liong tidak mempunyai kebun kopi sendiri. Biji kopi yang mereka produksi ialah hasil membeli dari orang-orang atau penjual biji kopi. Mereka memilih biji kopi yang berkualitas baik namun berharga miring.

Mereka hanya memakai biji kopi yang diambil langsung dari petani di sejumlah daerah di Bogor dan luar daerah. Menurut petugas retribusi Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor yang posnya berlokasi tepat di samping gerbang pabrik Kopi Liong Bulan di Jalan Bintang Mas, Nanggewer, pemasok bahan baku berasal dari daerah Lampung.

Disamping dari Lampung,  truk-truk besar pembawa biji kopi ini berasal dari berbagai daerah seputaran Bogor, seperti Jonggol, Cianjur, serta Sukabumi.

Tak terdapat angka pasti jumlah yang dihasilkan Liong per harinya. Kopi Liong dikemas berbeda-beda, terdapat yang 25 gram, juga 80 gram. Tanpa pengawet, kopi Liong dapat bertahan selama tiga bulan sejak tanggal produksi.

Untuk menikmati kopi legendaris ini, para penggemar kopi bisa meramu sendiri di rumah. Dapat datang serta membeli langsung ke toko kelontong yang menjajakan kopi cap Liong Bulan yang banyak tersebar di Bogor. Misalnya di daerah Pasar Anyar, Bogor.

Atau yang tidak mau berburu kopi ini bisa memesan lewat toko daring yang mulai banyak menjual Kopi Liong Bulan.

Harga Kopi Liong sudah pasti miring. Seperempat kopi bubuk dijual seharga Rp 12.500, sedangkan kopi kemasan hanya Rp 1.000 per sachet. Tidak heran ia sangat digemari. Pada kemasan sachet Liong tercantum kode P-IRT yang artinya, kopi itu adalah Pangan Industri Rumah Tangga yang masuk kategori usaha kecil menengah.

Pabrik Liong Bulan ini berlokasi di Jalan Bintang mas, Nomor 5/8, Kelurahan Nanggewer, Cibinong, Kabupaten Bogor.

 

Cara Membuat Minuman Kopi Liong

Terdapat satu tips untuk menghasilkan Kopi Liong Bulan dengan cita rasa nikmat dan aroma yang kuat, sesudah air panas dituangkan ke dalam gelas yang berisi bubuk kopi, terlebih dahulu didiamkan sampai beberapa menit. Setelah itu, baru kopi diaduk, dan aroma unik Kopi Liong Bulan bakal tercium.

 

Sumber :

https://kumparan.com/kumparanfood/menyambangi-pabrik-kopi-legendaris-liong-bulan

https://bogor.tribunnews.com/2017/11/22/ternyata-ini-yang-membuat-kopi-liong-bulan-digemari-warga-kota-bogor-barista-ini-mengungkapnya?page=all

https://metro.tempo.co/read/1035503/legenda-kopi-bogor-pabrik-liong-bulan-ambil-biji-kopi-dari/full&view=ok

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menyeruput-kesegaran-kopi-liong-bulan



Back To Top